Serunya Napak Tilas Kang Ibing di "Klasik", program Terobosan Dispusipda Jabar

Kepala Dispusipda Jabar Hening Widiatmoko beserta jajarannya berfoto bersama dengan Kang Engkus (berpeci), adik kandung Kang Ibing pada acara Peluncuran Klasik di Halaman Kantor Dispusipda Jabar, Selasa 27/7.

Kepala Dispusipda Jabar Hening Widiatmoko beserta jajarannya berfoto bersama dengan Kang Engkus (berpeci), adik kandung Kang Ibing pada acara Peluncuran Klasik di Halaman Kantor Dispusipda Jabar, Selasa 27/7.

BANDUNG, roemahmedia.com - Lagi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar bikin terobosan. Kali ini, Dispusipda Jabar meluncurkan program Kampanye Literasi, Arsip dan Musik (Klasik). Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian upaya meningkatkan gemar membaca, juga dalam rangka kampanye literasi dan arsip, terutama terhadap tokoh yang berperan penting di Jawa Barat.. "Peluncuran perdana program Klasik ini masih soft launching dan diselenggarakan di lingkungan Dispusipda Jabar," ujar Kepala Dispusipda Jabar Hening Widiatmoko pada peluncuran perdana Klasik di halaman depan Kantor Dispusipda Jabar, Bandung Selasa 27/6. Ke depan, lanjut Widi, Klasik ini akan menjadi program rutin bulanan Dispusipda Jabar. Dispusipda Jabar juga akan melakukan roadshow ke Kab/Kota di Jabar dan nantinya Klasik akan digelar di Kab/kota. Tema kali ini mengangkat budayawan Sunda (Alm) Kang Ibing. Pada setiap penyelenggaraan Klasik, Dispusipda Jabar akan mengangkat tema para inohong Jabar sebagai bentuk penghargaan serta sebagai upaya agar generasi sekarang mengenalnya. "Setelah mengangkat tema napak tilas Kang Ibing, Insyaalloh penyelenggaraan Klasik ke-2 akan menampilkan Grup Bimbo," ujar Widi. Menurut Widi (sebutan akrabnya) peluncuran program Klasik ini tidak menggunakan anggaran pemerintah tetapi berasal dari para sponsor yang turut mensupport kegiatan Klasik. Hadir pada acara tersebut dan tampil sebagai narasumber adalah wakil dari Keluarga Kang Ibing yaitu Kang Engkus (adik kandung Kang Ibing). Pada gelar "Klasik" ini, Kang Engkus berkesempatan menceritakan napak tilas seorang Kang Ibing. Cerita tentang Kang Ibing yang juga dibawakan secara humoris oleh Kang Engkus tak henti-hentinya mengundang tawa para ASN Dispusipda Jabar dan pengunjung perpustakaan yang hadir pada saat itu. Tak hanya itu pada setiap penuturannya diselingi dengan menyanyi lagu ciptaan Kang Ibing. Kang Engkus berharap generasi muda bisa mengikuti sosok Kang Ibing inspiratif dan humoris. Kegiatan Klasik ini diisi dengan berbagai kegiatan yaitu selain story telling Kang Ibing, juga ada bobodoran si Kabayan dan si Iteung, serta penampilan musik dari grup band Dispusipda Jabar, bedah buku dan dimeriahkan pula dengan bazar berbagai macam kuliner serta kerajinan tangan.