Dinas SDA Jabar-Telkomsel Jalin Kerjasama Layanan Internet of Thing/IoT

Kepala Dinas SDA Jabar Dicky Ahmad Sidik dan General Manager Telkomsel Yusrizal pada acara penandatanganan Nota Kesepakatan layanan internet of Thing (IoT) Smart Monitoring dan Connectivity ASN, di Command Center Dinas SDA Jabar  Kamis 28/3.

Kepala Dinas SDA Jabar Dicky Ahmad Sidik dan General Manager Telkomsel Yusrizal pada acara penandatanganan Nota Kesepakatan layanan internet of Thing (IoT) Smart Monitoring dan Connectivity ASN, di Command Center Dinas SDA Jabar Kamis 28/3.

BANDUNG, roemahmedia.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar dan Telkomsel menandatangani Nota Kesepakatan layanan internet of Thing (IoT) Smart Monitoring dan Connectivity ASN. Penandatanganan dilakukan di Command Center Dinas SDA Jabar disaksikan Kepala Dinas SDA Jabar Dicky Ahmad Sidik dan General Manager Telkomsel Yusrizal, Kamis 28/3. Menurut Kepala Dinas SDA Jabar Dicky Ahmad Sidik, kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya air di Jabar melalui teknologi IoT. "Layanan Smart Monitoring akan membantu memantau kondisi infrastruktur dan sumber daya air secara real time," ujarnya. Hal ini memudahkan Dinas SDA Jabar mengambil data untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan air. ** IoT adalah setiap perangkat yang terhubung dengan akses jaringan wireless maupun internet untuk menjalankan fungsi kerjanya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, semakin banyak tools yang tersedia untuk memanfaatkan jaringan internet. Tools ini memudahkan aktivitas khususnya yang berhubungan dengan internet. Akses jaringan serta sumber daya berbasis nirkabel mengalami perkembangan dan menggantikan jaringan kabel seperti saat ini Beberapa manfaat IoT adalah: 1. Menunjang Efisiensi Pekerjaan Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari IoT yaitu dapat menunjang efisiensi pekerjaan. Adanya konektivitas canggih dari teknologi pintar seperti ini bisa mengurangi waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Sistem tersebut dapat membantu dalam efisiensi pekerjaan. Karena dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan, kecanggihan IoT juga dapat dimanfaatkan dalam keperluan lain, seperti monitoring efektivitas. 2. Memudahkan Konektivitas Manfaat lainnya dari IoT adalah untuk menunjang kemudahan konektivitas. Melalui sistem internet yang berkelanjutan, menjadikan konektivitas bisa memberikan performa lebih cepat dan penerapannya praktis tanpa menggunakan kabel lagi. Sistem ini juga dimanfaatkan untuk teknologi cerdas yang canggih untuk memastikan koneksi pada perangkat dan jaringan berjalan dengan baik. Hal ini membuat konektivitas lancar dan membuat sejumlah aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari jadi lebih mudah dilakukan. 3. Lebih Praktis dalam Memonitor Pekerjaan Manfaat lainnya dari IoT adalah lebih praktis dalam memonitoring pekerjaan dengan sistem yang sederhana dan juga memudahkan. Anda bisa melakukan sejumlah perintah tertentu menggunakan monitor melalui aplikasi secara real time. Aplikasi ini juga bisa Anda dapatkan di smartphone maupun melalui website.