Biodigester Desa Gudang Berhasil Masuk 4 Besar Lomba Posyantek Tk. Nasional

Biodigester Portable untuk pengolah limbah/sampah organik hasil inovasi Desa Gudang mampu menghasilkan biogas untuk skala rumah tangga.

Biodigester Portable untuk pengolah limbah/sampah organik hasil inovasi Desa Gudang mampu menghasilkan biogas untuk skala rumah tangga.

BANDUNG – Kabar gembira diperoleh dari ajang bergengsi Lomba Posyantek Desa Berprestasi pada Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Ke-XXII Tahun 2021.  Salah satu wakil Jabar asal Desa Gudang Kecamatan Tanjungsari Kab. Sumedang dengan inovasi alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) komunal dan biodigester portable berhasil masuk 4 (empat) besar. Sebelumnya, inovasi alat pengolah sampah organik menjadi biogas (biodigester) komunal dan biodigester portable harus bersaing dengan 10 finalis lainnya. Teknologi inovasi biodigester ini sangat luar biasa. Bagaimana pengelolaan sampah bisa memiliki nilai ekonomi dan nilai lingkungan. Seksi Pelayanan TTG dan Usaha Posyantek Desa Gudang, Mochamad Awaludin Syafril, dalam presentasinya secara daring dihadapan pihak Kementerian Desa PDTT dan Badan Pengembangan & Informasi Desa seminggu yang lalu di Command Center Kabupaten Sumedang, menuturkan bahwa biodigester portable diperuntukkan bagi satu kubik skala rumah tangga. Sedangkan biodigester komunal bisa diterapkan per RW atau di tempat-tempat pengolahan sampah karena kapasitasnya yang lebih besar.  “Alhamdulillah, setelah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat. Inovasi biodigester komunal dan biodigester portable mampu bersaing dengan inovasi posyantek dari provinsi lainnya, dan berhasil masuk 4 (empat) besar Lomba Posyantek Desa Berprestasi,” ujarnya penuh bangga. “Semoga inovasi biodigester yang diciptakan Desa Gudang bisa memberikan kontribusi sekaligus mengharumkan nama baik Sumedang dan Jawa Barat. Khususnya dalam upaya mewujudkan Desa Gudang menuju Desa Industri Mandiri,” tuturnya lagi. Direncanakan minggu depan, Posyantek Desa Gudang akan bertolak ke Jakarta untuk menerima penghargaan dari Menteri Desa PDTT bersama para pemenang lomba lainnya pada saat pembukaan Gelar TTG Nasional XXII Nasional 2021, Senin (20/09/2021). Sebagaimana diketahui, Gelar TTG merupakan event tahunan Kementerian Desa PDTT yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya bertujuan untuk menjaring kreativitas dan inovasi teknologi akar rumput (grassroot innovation), sekaligus ajang tukar menukar informasi dan promosi berbagai inovasi TTG dari seluruh penjuru tanah air. Namun perhelatan Gelar TTG XXII Nasional 2021 ini, diselenggarakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu secara daring. Mengingat tahun ini, Indonesia masih dilanda musibah pandemi Covid-19.