Gema Takbir Berkumandang, ASN Satpol PP Jabar Berjibaku Bertugas Amankan Mudik

Salah seorang petugas Patroli Gabungan Pengawasan dan Penindakan dan Tibumtranmas Satpol PP Jabar saat menegur seorang remaja putra yang kedapatan tidak memakai masker di kawasan KBB, Minggu malam 1/5.

Salah seorang petugas Patroli Gabungan Pengawasan dan Penindakan dan Tibumtranmas Satpol PP Jabar saat menegur seorang remaja putra yang kedapatan tidak memakai masker di kawasan KBB, Minggu malam 1/5.

BANDUNG, roemahmedia.com - malam itu sekitar pukul 8 malam (1/5), di tengah gema takbir Lebaran berkumandang dan hilir mudik orang dan di Alun-alun Lembang KBB, tampak salahseorang berseragam petugas Satpol PP Jabar dengan ramah menegur salah seorang perempuan setengah baya. Pengunjung tersebut ditegur karena kedapatan tidak memakai masker dengan benar. "Terima kasih," ujar Pengunjung tersebut seraya langsung membenarkan posisi masker yang melorot sedagu sehingga tidak menutup hidungnya. Tak lama kemudian, petugas tersebut juga memberhentikan seorang remaja putra saat melintas yang kedapatan tidak memakai master. Setelah diberikan teguran lisan, remaja putra tersebut diberikan edukasi. Tak lama kemudian, Petugas tersebut memberikan masker. Setelah masker dipakai, sebelum pergi, remaja putra sempat mengucapkan terima kasih kepada petugas. Petugas berseragam Satpol PP Jabar ini merupakan salahseorang dari sebanyak 215 Personil Patroli Gabungan Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) PPKM dan Tibumtranmas dalam rangka memelihara ketentraman dan ketertiban umum khususnya di wilayah aglomerasi Bandung Raya, umumnya di Jawa Barat selama mudik Lebaran 2022. Patroli dibagi 4 wilayah alomeras Bandung Raya, yaitu wilayah Kota Bandung-Kab Bandung, Kota Bandung-Cimahi, Kota Bandung-KBB, dan Kota Bandung-Sumedang. Personil patroli tersebut tak hanya ASN Satpol PP Jabar tetapi juga melibatkan Satpol PP kab/kota, POMDAM Siliwangi, Kogartab II dan SatBrimob Polda Jabar. Menurut Kepala Satpol PP Jabar M, Ade Afriandi, target sasaran patroli gabungan ini adalah ruang publik, ruang komersial dan aset Pemprov Jabar. "Contohnya yang menjadi target sasaran adalah pemantauan sejumlah tempat keramaian seperti pasar tumpah.dan spot-spot gangguan, pengecek aset Pemprov Jabar, juga pemeriksaan, pengawasan dan penindakan pelanggaran prokes Covid-19 seperti tidak bermasker," ujar Ade . Ade mengemukakan giat Patroli Gabungan Wasdak PPKM dan Tibumtranmas ini sebagai upaya Pemerintah daerah, TNI dan Polri hadir di tengah masyarakat untuk cipta kondusi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama mudik Lebaran, khususnya di kawasan aglomerasi Bandung Raya. "Semua personel Tim Patroli Gabungan senantiasa berkoordinasi antar tim maupun dengan pememgang wilayahnya," ujar Ade. Patroli Wasdak dan Tibumtranmas ini sudah dilaksanakan sejak 29 April sampai dengan 8 Mei 2022 di kawasan aglomerasi Bandung Raya, mulai pukul 13.00 sd 21.30 WIB.