Sekda Jabar akan Terapkan inovasi teknologi Berbasis Digital ke Semua OPD

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat memberikan arahannya pada Forum OPD Dinas BMPR Jabar 2023 di Mansion pine Hotel Kota Baru Bumi Parahyangan Bandung Barat, Rabu 1 Maret 2023.

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja saat memberikan arahannya pada Forum OPD Dinas BMPR Jabar 2023 di Mansion pine Hotel Kota Baru Bumi Parahyangan Bandung Barat, Rabu 1 Maret 2023.

BANDUNG, roemahmedia.com - Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja akan menerapkan inovasi teknologi berbasis digital kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Jabar. "Betul, rancangan usulan program 2024 harus berbasis digital, saya akan lihat apakah OPD "concern' terhadap hal ini," ujar Setiawan seusai membuka Forum OPD Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) 2023 di Mansion pine Hotel Kota Baru Bumi Parahyangan Bandung Barat, Rabu 1 Maret 2023. Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono, Anggota DPRD Jabar Daddy Rohanady, serta perwakilan dari Kementerian PUPR. Setiawan dalam sambutannya mengemukakan telah menghadiri agenda rutin Forum OPD kepada seluruh OPD Jabar, yang hiingga 1 Maret ini telah keliling ke 30 OPD. Dari pemantauan roemahmedia.com, pada agenda rutin tersebut, Setiawan dalam memberikan arahannya, selalu menekankan kepada OPD agar mengubah mindset manual dan terus mengadaptasi teknologi digital dalam rancangan dan penerapan pelaksanaan program kegiatannya. Salahsatunya Setiawan memperkenalkan teknologi platform digital Skytrek yang merupakan platform 'internet of thigs' (internet untuk segala) dan sebuah pusat ketahanan data berbasis teleport. Platform SkyTrek sudah terkoneksi dengan lima satelit dunia dan bisa memonitor semua aset darat, laut dan udara. Sistem SkyTrek akan menampilkan semua data secara life dan streaming. Kemampuan SkyTrek tidak hanya darat akan tetapi juga laut dan udara. Platform ini sangat membantu dan m bermanfaat untuk semua Command Center dalam hal monitoring seluruh kegiatan secara real time untuk mengambil keputusan. Dengan bergabungnya beberapa satelit dalam satu platform, membantu membuat keputusan yang lebih akurat dan terukur. Skytrek akan menjawab semua kebutuhan seluruh data berbasis internet. Skytrek nantinya akan menyuguhkan daa berbasis internet. Data-data tersebut, berupa potret reel time seluruh obyek yang ada. Dengan data tadi, akan diperoleh seluruh keterangan yang dibutuhkan untuk menyusun, merancang dan melaksanakan pembangunan di segala bidang. "Terutama untuk sektor Tata Ruang, sangat dibutuhkan secara live streaming seluruh objek tata ruang di Jabar, juga objek reel time keberadaan jalan provinsi," ujar Sekda Setiawan. "Paltform digital Skytrek akan sangat membantu dan mendukung program OPD provinsi Jabar," lanjut Setiawan seraya menambahkan Skytrek ini telah diterapkan di Kab. Indramayu.