5 Desa/Kelurahan Bersaing Ketat jadi terbaik di Jabar

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat  Bambang Tirtoyuliono saat membuka kegiatan Paparan Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Jabar tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM Desa) Provinsi Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono saat membuka kegiatan Paparan Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Jabar tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar.

Ket Foto: Tim Penilai Lomdeskel Tk Jabar 2021 masing-masing Asisten Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim (tengah); Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Prof. DR. Fernandes Simangunsong S.STP, S.AP dan Sekretaris Pokja IV TP PKK Jabar Ricky Herdiansyah SE. Ket Foto: Sekdis PMDesa Jabar Wahyudi saat mewakili Kepala DPMDesa Jabar sebagai ketua Rombongan lomba Desa/kelurahan tahap dua,  bertempat di Arnawa hotel untuk kab. Majalengka, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis, Kota Tasik dan Kota Banjar. Acara selama tiga 7 s.d 9 juni 2021 lalu. BANDUNG, roemahmedia.com - Sebanyak 5 desa dan kelurahan berhasil masuk seleksi 5 besar sebagai kandidat desa/kelurahan terbaik pada Lomba Desa/Kelurahan (Lomdeskel) Tingkat Provinsi Jabar tahun 2021 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar. Untuk kategori Desa yang berhasil masuk lima besar adalah
  1. Desa Cipanas Kec. Cipanas Kab. Cianjur
  2. Desa Ciburial Kec. Cimenyan Kab. Bandung
  3. Desa Cibuluh Kec. Tanjungsiang Kab. Subang
  4. Desa Cangkingan Kec. Kedokanbunder Kab. Indramayu
  5. Desa Kaso Kec. Tambaksari Kab. Ciamis
Sedangkan untuk kategori kelurahan adalah
  1. Kelurahan Purwaharja Kec. Purwaharja Kota Banjar
  2. Kelurahan Cisarua Kec. Cikole Kota Sukabumi
  3. Kelurahan Tanah Baru Kec. Beji Kota Depok
  4. Kelurahan Cipageran Kec. Cimahi Utara Kota CIMAHI
  5. Kelurahan Cilembang Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya
Lomba ini diikuti oleh perwakilan pemenang dari Lomdeskel tingkat Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat. Sebelumnya pada tanggal 7-9 Juni 2021 yang lalu, secara serentak telah dilakukan penilaian administrasi peserta Lomdeskel sebanyak 13 desa dan 7 kelurahan sebagai perwakilan dari 19 kabupaten/kota. Dari para peserta lomdeskel tersebut terseleksi menjadi 5 desa/kelurahan untuk kemudian dipilih yang terbaik pada lomdeskel tahun ini. Kemudian, 5 desa/kelurahan tersebut melakukan pemaparan di depan tim penilai di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDesa) Jabar, pada Senin 21 Juni 2021. Adapun tim penilai adalah Asisten Administrasi Setda Jabar Dudi Sudrajat Abdurachim, Guru Besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri Prof. DR. Fernandes Simangunsong S.STP, S.AP dan Sekretaris Pokja IV TP PKK Jabar Rocki Herdiansyah SE. “Pemaparan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang berbagai hal mengenai kondisi desa/kelurahan, potensi, keunggulan, inivasi, dan sebagainya,” ujar Kepala DPMDesa Jabar, Bambang Tirtoyuliono saat membuka kegiatan Paparan Peserta Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021 di Kantor DPMDesa Jabar Jln Soekarno Hatta No. 466 Bandung. Kegiatan pemaparan tersebut  dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Masing-masing peserta dibatasi hanya dihadiri tiga orang perwakilan yaitu, Kepala Desa/Lurah, BOd dan PKK. Juga wajib menunjukkan hasil swab yang masih berlaku. Selebihnya untuk kehadiran tim pemdaping dilakukan melalui zoom meeting. Selanjutnya, menurut Bambang, Tim Penyelenggara Lomdeskel tk Jabar akan kembali menggelar rapat pleno pada 23 Juni 2021, untuk merekap hasil penilaian Tim Juri/penilai dan menetapkan tiga terbaik untuk  masing-masing kategori desa/kelurahan. Kemudian akan dilakukan klarifikasi lapangan yang dijadwalkan pada 24 – 26 Juni 2021, dengan tanpa kegiatan seremonial guna menghindari timbulnya kerumunan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menurut Bambang, DPM Desa Prov. Jawa Barat menyelenggarakan Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) sebagai sarana untuk mengevaluasi sekaligus mendorong serta memberi motivasi kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan Kelurahan beserta masyarakatnya untuk dapat mengikuti lomba dan bersaing secara sportif serta positif dalam meningkatkan kualitas  penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Desa dan Kelurahan "Siapapun pemenang nya, saya yakin kita bisa bersaing untuk Lomdeskel tingkat Nasional dan menjadi juara,” ujar Bambang.