Bojongsoang-Baleendah Bakal Dibangun Fly Over & Jembatan Lama Dayeuhkolot Mulai Diproses

 Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono saat meninjau Jl Bojongsoang dan jembatan lama Citarum Dayeuhkolot Kab. Bandung, Sabtu 4/3.

Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono saat meninjau Jl Bojongsoang dan jembatan lama Citarum Dayeuhkolot Kab. Bandung, Sabtu 4/3.

BANDUNG, roemahmedia.com - Pemprov Jabar melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar akan memulai proses pembangunan fly over Terusan Buah Batu Bojongsoang dan Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot Kab. Bandung. "Untuk pembangunan fly over Bojongsoang akan dimulai dengan tahapan kajiannya dengan pembiayaan melalui APBD Perubahan 2023" ujar Kepala Dinas BMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono, kepada media, Minggu 5 Maret 2023. Sedangkan untuk pembangunan Jembatan Lama Dayeuhkolot (jembatan duplikasi) akan diupayakan melalui 2 alternatif skema pembiayaan yaitu untuk tahun ini sudah diusulkan melalui rencana Instruksi Presiden (Inpres) terkait percepatan pembangunan jalan-jalan daerah atau melalui skema APBD tahun 2024 Pembangunan fly over Bojongsoang dan Jembatan Lama Dayeuhkolot Kab. Bandung sebagai salahsatu upaya mengurai kemacetan yang kerapkali terjadi dan mengakibatkan antrian panjang kendaraan. Sementara itu, Jembatan Lama Citarum Dayeuhkolot sudah difungsikan kembali sejak april 2022 lalu, dengan dibuatkan jembatan Bailey sepanjang 24,5 meter. Jembatan bailey yang berdiri di atas jembatan lama tersebut hanya diperuntukkan bagi kendaraan kecil seperti angkutan kota, kendaraan pribadi dan sepeda motor dari arah Ciparay ke Dayeuhkolot. Sedangkan kendaraan besar seperti bus dan truk tidak diperkenankan. "Doa dan dukungannya, semoga semua bisa terealisasi dan terwujud pembangunan fly over Bojongsoang dan duplikasi Jembatan Citarum Dayeuhkolot," ujar Bambang.