Hari Desa ASRI Nusantara, 185 Pohon Ditanam di Tahura Juanda

Kepala Dinas PMD Jabar Dicky Saromi, Kadishut Jabar Dodit  Ardian, Kepala UPTD Tahura Juanda Luthfi Erizkpada kegiatan Peringatan Hari Desa ASRI Nusantara yang dilakukan di Tahura Juanda Bandung, Senin 20/3.

Kepala Dinas PMD Jabar Dicky Saromi, Kadishut Jabar Dodit Ardian, Kepala UPTD Tahura Juanda Luthfi Erizkpada kegiatan Peringatan Hari Desa ASRI Nusantara yang dilakukan di Tahura Juanda Bandung, Senin 20/3.

BANDUNG, roemahmedia.com -- DPMD Prov. Jabar melakukan gerakan tanam pohon serentak di seluruh desa di Jabar yang dipusatkan di Tahura Djuanda dalam rangka peringatan Hari Desa ASRI Nusantara, Senin (20/03). Kali ini ditanam sebanyak 185 pohon berbagai jenis ditanam di antaranya, Kisireum, Caringin, Kecapi, Kimenyan, dan Kitembaga pohon-pohon ditanam di beberapa blok di kawasan Tahura Juanda, antara lain Blok Cidingkul, Blok Batu Garok, dan Blok Sekejolang. Kepala DPMD Prov. Jabar, Dicky Saromi menuturkan, kegiatan gerakan tanam pohon hari ini merupakan bagian dari perayaan Hari Desa Asri Nusantara di seluruh Indonesia dimana acara puncaknya diselenggarakan di Pelalawan Riau. "Semoga apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi tunas-tunas kehidupan di masa depan. Tidak hanya untuk Tahura atau Desa Ciburial saja, tetapi juga Bandung dan sekitarnya serta Jabar pada umumnya," jelasnya. Menurutnya, hingga saat ini tercatat 79.000 jenis pohon yang sudah ditanam di seluruh desa di Jabar, dengan relawan lebih kurang 15.000 orang. Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Dodit Ardian Pancapana menyampaikan apresiasi kepada DPMD Prov. Jabar sebagai dinas yang pertama kali melakukan penanaman sejak dikeluarkannya surat edaran Gubernur Jabar, Ridwan Kamil un­tuk melaksanakan gerakan tanam pohon. Ini menindaklanjuti Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 7 Tahun 2005 tentang Pengendalian dan Rehabilitasi Lahan Kritis serta untuk mewujudkan Pemulihan DAS di Jabar. Gerakan tanam pohon di seluruh desa di Jabar diawali dengan penanaman bibit oleh Kepala DPMD Prov. Jabar, Kepala Dishut Prov. Jabar, diikuti para pejabat struktural, serta Kepala Desa Ciburial. Pada kesempatan tersebut, DPMD Prov. Jabar menyerahkan pula bantuan alat kebersihan kepada Tahura yang diterima langsung oleh Kepala UPTD Tahura, Luthfi Erizka. Sesaat sebelum melakukan gerakan tanam pohon, seluruh peserta yang hadir melakukan do'a penanaman ala rimbawan. "Kuat akarna, badag tangkalna, gomplok dauna, leubeut buahna, panjang umur anu melakna, panjang umur nu dipelakna, héjo leuweungna, sejahtera masyarakatna, mangfaat kanggo urang sadayana." Artinya kuat akarnya, besar pohonnya, rindang daunnya, banyak buahnya, panjang usia yang menanamnya, panjang usia pohon yang ditanamnya, hijau hutannya, sejahtera masyarakatnya, dan bermanfaat bagi masyarakat. Hari Desa ASRI Nusantara ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT melalui Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 tentang Hari Desa, untuk mengingatkan pentingnya lingkungan desa yang Aman, Sehat, Rindang, Indah (ASRI) Melalui Peringatan Hari Desa ASRI Nusantara diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim, pencemaran lingkungan, serta mengurangi resiko bencana di desa. Oleh karena itu, untuk menuju desa ASRI perlu dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.