Gaya nyentrik Patroli “Senyum” Prokes Satpol PP Jabar dan Pemusik Jalanan di Kota Bandung

Kelompok Pemusik Jalanan saat turut patroli senyum dengan melantunkan lagu di persimpangan Jalan Cikapayang Kawasan Dago Bandung, 30/7/2021.

Kelompok Pemusik Jalanan saat turut patroli senyum dengan melantunkan lagu di persimpangan Jalan Cikapayang Kawasan Dago Bandung, 30/7/2021.

BANDUNG, roemahmedia.com - Ada suasanan lain saat roemahmedia.com melintas di persimpangan jalan Cikapayang kawasan Dago Kota Bandung, Jumat pagi pukul 9.30 WIB. Tampak sejumlah pemusik jalanan tengan melantunkan lagu rap Iwa K. Tampak pula 4 perempuan cantik membentangkan spanduk himbauan Prokes 3M dan 5M di tengah jalan saat lampu stopan merah. Fenomena yang tidak biasa lainnya, para pemusik jalanan ini tidak lantas meminta uang kepada para pemusik jalanan tidak lantas kendaraan. Memang saat itu, Satpol PP Jabar dengan Komunitas di Kota Bandung kerja bareng melakukan Patroli Senyum/Edukasi 3M/5M, pagi ini 30 Juli 2021 jam 08.30 sd 10.00 . Kerja Bareng Satpol PP dan Komunitas ini diisi tampilan musik dan lagu oleh Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), dibarengi himbauan prokes 3M/5M oleh Duta Perubahan Perilaku Satpol PP Kota Bandung dan Dishub. “Kami kerja bareng dengan komunitas di Kota Bandang salshatunya dengan Kelompok Pemusik Jalanan melakukan edukasi patroli senyum prokes Covid-19 setiap tiga hari dalam seminggu sampai akhir Agustus 2021,”  ujar Kepala Satpol PP Jabar M. Ade Afriandi yang juga sedang berada di lokasi di persimpangan jalan protokol Cikapayan Kawasan Dago Bandung. Adapun lokasi patroli senyum ini dilaksanakan di persimpangan jalan protokol yang ditetapkan (Simpang Dago, Cikapayang, BIP, Lengkong besar/Pungkur, Batununggal, Taman Pramuka, Gardujati/Kebonjati, dan Simpang Lima). “Semoga dengan Kerja Bareng ini dapat mendorong kesadaran masyarakat utk menggunakan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas kehidupan, dan kita mampu beradaptasi dalam pandemi ini,” ujar Ade. Para pengguna jalan pun tampak terhibur saat lampu stopan merah. Tampak pula ada beberapa pengguna jalan yang sempat merogoh sakunya namun tak jadi karena para pemusik jalanan tidak serta merta meminta uang. “Dalam patroli senyum ini para pemusik jalanan memang tidak eminta bayaran, mereka turut secara sukarela bersama kami untuk mengedukasi penerapan Prokes Covid-19. Kami santa berterima kasih atas dukungan dan bantuan dari para komunitas di Kota Bandung ini,” ujar Ade.