LKPJ Walikota Bandung 2023, Target Pembangunan hampir 100 % tercapai

Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono pada Rapat Evaluasi Kinerja Pemkot Bandung dalam Laporan Keterangan LKPJ Wali Kota tahun 2023, di Savoy Homman, Rabu 8 Mei 2024..

Pj Walikota Bandung Bambang Tirtoyuliono pada Rapat Evaluasi Kinerja Pemkot Bandung dalam Laporan Keterangan LKPJ Wali Kota tahun 2023, di Savoy Homman, Rabu 8 Mei 2024..

BANDUNG, - Evaluasi LKPJ Walikota Bandung tahun 2023: Kinerja Pemkot Bandung Nyaris Sempurna. Namun demikian partisipasi publik tetap dibutuhkan dalam memberikan masukan bagi Pemkot Bandung. Sehingga roda pemerintahan di Kota Bandung berjalan lebih optimal sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Demikian disampaikanv,Ketua Pansus 1 DPRD Kota Bandung, Folmer Siswanto M. Silalahi pada Rapat Evaluasi Kinerja Pemkot Bandung dalam Laporan Keterangan LKPJ Wali Kota tahun 2023, di Savoy Homman, Rabu 8 Mei 2024. Bentuk partisipasi publik dalam memberikan masukan ini ikut andil. "Kita sudah sepakat membangun kota ini tidak hanya pemerintah dan DPRD saja, tapi dengan konsep kolaborasi atau pentaheliks menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," ujar Folmer. .. Sedangkan Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono menyatakan, hampir seluruh target pembangunan pada tahun 2023 tercapai. Dari 9 indikator, kinerja tujuan dalam pencapaian 5 misi Kota Bandung, hanya indek liveable city yang baru mencapai 94,97 persen. Indikator lainnya yang tercapai yaitu indeks pembangunan manusia, indeks reformasi birokrasi, level kematangan smart city, laju pertumbuhan ekonomi, gini rasio, PDFB (Produk Domestik Regional Bruto) perkapita, pengeluaran perkapita, dan kolaborasi pembiayaan pembangunan . "Umumnya tercapai di atas 100 persen kecuali indek liveable city dengan nilai 94,97%," kata Bambang. Oleh karenanya, Bambang mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Bandung yang telah memberikan rekomendasi terhadap dokumen LKPJ Pemerintah Kota Bandung. "Terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD yang telah kritis memberikan masukan berupa 99 rekomendasi terhadap dokumen LKPJ. Seluruh rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti," ujarnya. "Alhamdulilah memberikan dampak positif terhadap perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di semua SKPD terkait, sehingga sangat mendukung dalam pencapaian kinerja 5 misi, serta pencapaian realisasi janji Wali Kota di tahun 2023," imbuhnya. Bambang berharap, rapat evaluasi ini berjalan optimal sehingga menghasilkan penelaahan yang signifikan untuk dilakukan. "Proses Pansus (Panitia Khusus) sudah berproses, dan juga mudah-mudahan proses Pansus bisa berjalan lancar dan melalui rapat kerja ini untuk lebih memberikan penelahaan dan koreksi terhadap laporan yang sudah kami buat," ujarnya. "Ke depan bisa memberikan rekomendasi untuk meningkatkan capaian kinerja Pemerintah Kota Bandung," tambahnya.