Melvin Siswa MAN 1 Bandung; Sabet Juara 1 Lomba Literacy Relay K-lik

Pj Ketua TP PKK Kota Bandung yang juga sebagai Bunda Literasi Linda Nurani Hapsah saat berfoto bersama.pemenang Lomba Literasi K-lik , di Aula Disarpus Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024.

Pj Ketua TP PKK Kota Bandung yang juga sebagai Bunda Literasi Linda Nurani Hapsah saat berfoto bersama.pemenang Lomba Literasi K-lik , di Aula Disarpus Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024.

BANDUNG, Melvin Davila Alvan dari MAN 1 Bandung;tampak sumringah dan suka cita saat diumumkan pemenang lomba literasi Kota Bandung 2024. Melvin pun tak bisa menahan kegembiraan saat menerima penghargaan dari Pj Ketua TP PKK Kota Bandung yang juga Bunda Literasi Linda Nurani Hapsah sekaligus mengucapkan selamat kepada Melvin beserta pemenang lomba literasi lainnya. Melvin merupakan salahseorang siswa MAN di Kota Bandung yang meraih juara 1 Lomba Literacy Relay K-lik (Kios Literasi Kewirausahaan Kewilayahan) kategori duta K-lik. Disusul, juara 2: Muhammad Hanif dari MAN 1 Bandung; Juara 3: Najla Hanifah dari MAN 1 Bandung; Juara Harapan 1: Nayla Olivia Safitri dari SMAN 21 Bandung; Juara Harapan 2: Irza Gia Nastyar dari SMAN 18 Bandung;Juara Harapan 3: Raffif Muhammad dari SMAN 8 Bandung. Sedangkan untuk Kategori Read Aloud adalah Juara 1: Caitlyn Irawan dari SD Santa Angela; Juara 2: Amadeo Orville A. dari SD Santa Angela; Juara 3: Adreana S Athifa dari SDN 023 Pajagalan; Juara Harapan 1: Ratu Nareswari R. dari SD Taruna Bakti; Juara Harapan 2: Gwyneira Haizka dari SDIT Al Irsyad; Juara Harapan 3: Ronan Wira P. dari SDN 168 Cipadung Lomba literasi tersebut merupakan rangkaian acara Pengukuhan Pokja Literasi Periode Tahun 2023-2024 di Aula Disarpus Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024. Lomba tersebut merupakan salah satu upaya mendorong minat baca terutama untuk siswa di tengah di era digitalisasi. Seperti dikemukakan Penjabat Ketua TP PKK Kota Bandung sekaligus Bunda Literasi Kota Bandung, Linda Nurani Hapsah untuk mendorong angka minat baca di Kota Bandung perlu ditingkatkan melalui berbagai program yang ada di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) dan juga Kelompok Kerja (Pokja) Literasi. Hal itu disampaikannya dalam acara Pengukuhan Pokja Literasi Periode Tahun 2023-2024 di Aula Disarpus Kota Bandung, Selasa 21 Mei 2024. Berkaca pada data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandung, Indeks Tingkat Gemar Membaca (IGTM) Kota Bandung berada di angka 78,81. Linda berharap angka tersebut terus ditingkatkan. “Indeks Tingkat Gemar Membaca kita berada di angka 78,81. Meski begitu, kita tidak boleh berpuas diri,” pesannya. Beberapa program yang telah dan sedang dijalankan oleh Disarpus Kota Bandung antara lan: Street Library, Kolecer, Micro Library Pojok Baca Digital (Pocadi), Pojok Baca di Kewilayahan. “Kami berharap pojok-pojok baca di kewilayahan ini dapat berjalan maksimal,” ujar Medi. Selain melayani keperpustakaan, Disarpus Kota Bandung memiliki armada Perpustakaan Keliling, yang setiap harinya tak pernah sepi dari permintaan untuk hadir di kegiatan-kegiatan masyarakat. Setiap harinya, armada Perpustakaan Keliling ini tidak pernah berhenti. Apalagi saat akhir pekan, permintaan Perpustakaan Keliling untuk hadir di masyarakat begitu tinggi. (ADV)